4 alasan mengapa iPad masih gagal menjadi komputer utama

4 alasan mengapa iPad masih gagal menjadi komputer utama

Dengan dirilisnya iPad Air 4 2020 , yang memiliki desain modern seperti iPad Pro dan kompatibel dengan aksesori Pro, saya yakin ini adalah tablet yang ideal untuk semua orang. Tidak semahal model Pro, namun jauh lebih modern daripada iPad anggaran . Saya bahkan berpendapat bahwa iPad Air 4 berfungsi sebagai komputer utama untuk pelajar atau pengguna biasa, terutama jika digunakan untuk penjelajahan web dasar, membaca, menonton film, dan media sosial.

Tetapi ternyata, seperti banyak model iPad sebelumnya, iPad Air 2020 gagal menjadi komputer utama saya dalam hal melakukan pekerjaan profesional, dan saya sering mendapati diri saya beralih kembali ke laptop Windows saya. Inilah mengapa Apel ‘s iPad tidak bekerja untuk saya, dan mengapa hal itu mungkin juga tidak bekerja untuk Anda sebagai seorang profesional.

 

Penjelajahan web desktop di iPad masih untung-untungan

Anda mungkin tertarik menggunakan iPad daripada tablet Android karena aplikasi browser webnya – Safari – membuka situs web dalam mode desktop seperti browser desktop “asli”. Ini menunjukkan bahwa Anda akan dapat melakukan semua jenis pekerjaan yang berhubungan dengan web seperti yang Anda lakukan di PC, tetapi bukan itu masalahnya.

Memang benar bahwa di iPad, Safari bekerja jauh lebih baik daripada Chrome dalam membuka situs web berat dalam mode desktop dengan benar, seperti Facebook. Chrome gagal memuat situs web seperti Facebook dengan benar dan bahkan tidak menawarkan opsi “Minta Situs Desktop” secara permanen. Saya harus mengedit benderanya dan mengaktifkan yang sedang dalam proses, yang lebih dari yang harus dilakukan pengguna rata-rata.Facebook Desktop sangat bagus di Safari, tetapi situs lain mungkin tidak - 4 alasan mengapa iPad masih gagal menjadi komputer utama saya

Jadi untuk penjelajahan web desktop Safari benar-benar adalah browser yang digunakan di iPad. Meskipun banyak situs desktop berfungsi dengan baik di dalamnya, banyak CMS (sistem manajemen konten) atau layanan berbasis web lainnya yang mungkin digunakan perusahaan Anda tidak akan berfungsi dengan baik di iPad seperti halnya di komputer terbaru, jika sama sekali. Artinya, jika pekerjaan profesional Anda melibatkan pengeditan situs web, menulis dan menerbitkan artikel, serta bergabung dalam rapat di platform berbasis web yang tidak se-mainstream seperti Zoom atau Skype, Anda kemungkinan besar akan menghadapi masalah.

Sebagai contoh, saya baru-baru ini harus berpartisipasi dalam salah satu pertemuan tersebut dan layanan yang diadakan secara langsung mengatakan untuk menggunakan komputer desktop, sebaiknya menjalankan Chrome, agar situs web berfungsi dengan benar. Jadi, menggunakan iPad melalui komputer sama sekali tidak mungkin. Dan semakin pekerjaan Anda bergantung pada perangkat lunak berbasis web, semakin Anda akan melihat pesan seperti itu, meminta Anda untuk tidak menggunakan tablet.

Safari sering menyegarkan halaman di latar belakang

Bahkan iPad termurah pun dianggap bertenaga meskipun jumlah RAM-nya kecil, dan sulit untuk membantah dengan kinerja aplikasinya yang sangat cepat, kecepatan rendering video, dan hasil benchmark. Tetapi saya baru-baru ini memutuskan untuk mengedit dan menerbitkan video dari iPad saya …

Menerbitkan video YouTube melalui Safari di iPad umumnya berfungsi cukup baik, tetapi selama proses pengunggahan saya membuka 4 atau 5 tab tambahan yang saya butuhkan, sebagian besar halaman Reddit. Ketika saya kembali untuk memeriksa upload YouTube saya, halaman tersebut disegarkan. Itu menjengkelkan, mengingat saya hanya memiliki 5 tab yang terbuka, jadi sekarang saya harus membuka kembali video tertentu di YouTube Studio untuk menyelesaikan proses penerbitannya. Saya menambahkan metadata ke video, memublikasikannya, dan memutuskan untuk kembali ke tab Reddit – yang mulai menyegarkan satu per satu juga, yang menghapus teks apa pun yang telah saya tulis dalam persiapan untuk membagikan video saya. Jadi sekarang saya harus menuliskannya juga.

Anda biasanya akan melihat perilaku seperti itu pada komputer murah dengan RAM yang sangat sedikit, tetapi tampaknya 4 gigabyte di iPad Air 4 juga tidak cukup untuk pekerjaan browser web multi-tab yang kompeten. RAM 4GB biasanya akan menjadi pemecah masalah di tablet atau komputer Android, tetapi di iPad kami biasanya tidak melihat efek samping dari jumlah yang agak kecil itu. Nah, ini salah satu yang perlu dipertimbangkan.

Saya sadar bahwa saya hanya dapat menggunakan aplikasi YouTube untuk mempublikasikan video, tetapi proses penerbitan video di aplikasi itu sendiri sangat mendasar dan kurang fitur dibandingkan dengan pengalaman desktop, sehingga saya tidak dapat menganggapnya sebagai opsi yang berharga untuk profesional. Plus, itu selain masalah manajemen RAM yang saya alami di Safari untuk iPad.

Pengeditan video lancar dan menyenangkan, tetapi mendasar

Jika Anda seorang YouTuber profesional yang membutuhkan peralatan pengeditan video yang bagus, Anda bisa dibilang lebih senang dengan iPad murah daripada PC murah. Baik iPad anggaran dan iPad Air 4 yang saya gunakan adalah mesin yang luar biasa untuk pengeditan video dasar, jika Anda dapat menangani sejumlah kecil penyimpanan dasar yang Anda dapatkan. Apple masih pelit di departemen penyimpanan dan menetapkan harga yang konyol pada opsi penyimpanan iPad yang lebih tinggi. Namun, sering kali ada lebih banyak mengedit video daripada hanya memotong beberapa footage, menambahkan teks dan gambar, dan mungkin melakukan beberapa koreksi warna. Untuk merancang efek khusus atau animasi intro unik mereka sendiri, para profesional akan beralih ke perangkat lunak seperti Adobe After Effects, dan bahkan tidak ada yang mirip dengannya di iPad.

Bagaimanapun, iPad hadir dengan aplikasi gratis bernama iMovie yang dapat digunakan untuk pengeditan video yang sangat dasar – memotong rekaman Anda, menambahkan judul, musik, dan tidak banyak lagi. Tetapi jika Anda membeli aplikasi pengeditan video seperti LumaFusion yang sangat dihormati, Anda dapat memiliki alat pengeditan video iPad yang lebih kompeten.

Pada catatan serupa, saya merasakan hal yang sama tentang produksi musik iPad. Meskipun pembuatan beat dasar dimungkinkan, Anda tidak memiliki akses ke plugin VST (Virtual Studio Technology) kelas desktop untuk mendesain suara dan efek suara yang rumit. Jadi dalam kedua kasus, Anda dapat menggunakan iPad tetapi Anda akan menghadapi batasan yang cukup besar hanya dengan menggunakan komputer terbaru.

 

Anda tidak bisa menjadi pengembang game yang menggunakan iPad

Ini benar-benar di luar sana, tetapi itu mendorong intinya. Jika Anda setelah melakukan pekerjaan profesional yang sah seperti mengembangkan game, meskipun itu game iPad, Anda akan membutuhkan komputer terbaru. Itulah yang saya lakukan di waktu luang – mendesain dan memprogram game PC. Jika ada cara untuk melakukan itu di iPad, saya akan menjadi yang pertama memberi tahu Anda, tapi itu mimpi pipa.

Faktanya adalah, Anda tidak dapat menjalankan perangkat lunak desktop yang serius seperti Unity atau Unreal Engine pada apa pun kecuali komputer, dan itu tidak mungkin berubah. Bahkan jika saat ini Anda tidak ingin melakukan sesuatu yang semegah desain game, pertimbangkan hal-hal berikut …

Sementara di komputer Anda dapat sepenuhnya mengejar upaya kreatif Anda, apa pun itu, di iPad Anda terbatas pada tugas-tugas profesional yang sangat dasar, karena ketika semua dikatakan dan dilakukan, itu masih menjalankan sistem operasi telepon.

Pikiran terakhir

Jika Anda masih ingin berinvestasi di iPad, mungkin dengan aksesori keyboard dan Apple Pencil , untuk melihat apakah itu cocok untuk Anda – lakukanlah! Pengalaman saya seharusnya tidak membuat Anda putus asa. Ada banyak profesional berbakat yang menyukai iPad mereka dan menggunakannya untuk menggambar, animasi, pemodelan 3D, menulis buku, dan bahkan produksi musik, dan semuanya tampaknya bekerja dengan cukup baik untuk mereka.

Mengadopsi perangkat yang memprioritaskan seluler untuk tugas-tugas profesional hanya disertai dengan sejumlah besar kompromi yang perlu Anda pertimbangkan dan atasi (jika memungkinkan). Semoga artikel ini bermanfaat dalam menetapkan ekspektasi Anda sebelum melakukan investasi iPad.

iPadOS telah berkembang pesat dalam upayanya menjadi sistem operasi pengganti desktop. Mendownload file dari internet sekarang jauh lebih mudah daripada sebelumnya, begitu juga dengan manajemen file secara umum. Tetapi masih belum ada petunjuk kuat bahwa Apple memiliki niat serius untuk mengubah iPadOS menjadi lebih dari sistem operasi smartphone yang dimuliakan.

Tapi perusahaan Cupertino bisa mengejutkan. Kami berharap kami akan segera mulai melihat lebih banyak MacOS dan lebih sedikit iOS di iPadOS.

Leave a Reply