Dampak transformasi digital dalam perawatan kesehatan

Dampak transformasi digital dalam perawatan kesehatan

Sektor perawatan kesehatan tidak asing dengan kebutuhan akan kemampuan beradaptasi. Dari dokter umum hingga bangsal perawatan tersibuk dan paling kritis di rumah sakit, industri ini berkembang dan berkembang dengan cepat, dengan kemajuan Berita Teknologi yang mendorong perubahan cepat setiap tahun.

Dengan lebih dari 10,34 juta perangkat yang terhubung dengan Internet of Things (IoT) diharapkan dapat digunakan di seluruh perawatan kesehatan Eropa pada tahun 2025, kemajuan dalam kecerdasan buatan (AI), konektivitas, dan proliferasi data berarti jaringan dan sistem TI warisan saat ini memerlukan pemikiran ulang yang dramatis. Sekarang, di tengah periode transformasi digital yang dipercepat, bagaimana profesional TI di sektor ini beradaptasi dengan kecepatan?

Di antara perubahan tersebut adalah beberapa prioritas, yang tetap menjadi kunci dalam memberikan perawatan pasien. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, meningkatkan kepuasan pasien, memastikan keselamatan pasien dan staf, dan meningkatkan efisiensi proses. TI yang sangat penting telah menjadi hal terpenting untuk mendukung penyampaian layanan digital, dan untuk memenuhi permintaan yang meningkat, sektor ini perlu beralih ke penyedia teknologi untuk memastikan kontinuitas operasional untuk perawatan yang semakin digital, dan keamanan untuk perlindungan data pasien.

Hingga 2021, pasar AI dan IoT global diharapkan tumbuh dalam perawatan kesehatan sebesar 40 persen. AI dan penggunaan data konsekuen menjadi sorotan karena manfaat signifikan yang dapat mereka berikan kepada pasien, seperti mitigasi risiko, akses lokal ke informasi, otomatisasi layanan, dan penyimpanan cloud terpusat di seluruh situs terdistribusi. Selain itu, sistem perangkat lunak baru memberikan visibilitas dan wawasan jarak jauh di mana kurangnya akses telah menjadi perhatian yang berkembang, dan dengan akses yang semakin terbatas ke situs perawatan kesehatan, ini telah menjadi kunci untuk kesinambungan.

Saat kita terus bertransisi menuju dunia di mana budaya ‘selalu aktif’ lazim, kebutuhan ini secara intrinsik tertanam dalam sektor perawatan kesehatan. Dengan memanfaatkan solusi perawatan kesehatan digital, pasien sekarang dapat memperoleh manfaat dari keahlian profesional sektor ini dari mana saja, sehingga memberikan standar perawatan yang lebih baik, pengalaman pasien, dan yang terpenting – menjaga tingkat penerimaan kembali tetap rendah.

Apa yang mendorong kebutuhan transformasi jaringan?
Dalam sektor perawatan kesehatan, terdapat fokus yang jelas pada bantuan klinis virtual dan jarak jauh, yang mendorong kebutuhan mendesak akan konektivitas digital, TI yang tangguh, dan daya yang tidak pernah terputus di seluruh sektor. Namun, yang sangat penting untuk adaptasi ini, terutama di mana teknologi seperti AI dan VR semuanya terakumulasi, adalah kecepatan penerapan. Bagaimana profesional perawatan kesehatan dapat menyeimbangkan transformasi TI yang cepat untuk memenuhi permintaan perawatan digital yang terus meningkat dengan kebutuhan untuk membuat jaringan lebih aman, tangguh, dan terhubung?

Tentu saja, inti dari perubahan dan pertumbuhan ini, tetap memberikan layanan yang berpusat pada pasien, yang terletak pada para profesional yang dipermasalahkan seperti halnya dengan infrastruktur TI pendukung. Namun, jelas bahwa dengan peningkatan digitalisasi dan perawatan data-centric, jaringan perawatan kesehatan menghadapi tekanan yang sangat besar dalam hal latensi dan penggunaan daya.

Tantangan utama saat ini berfokus pada premis bahwa kegagalan daya bukanlah pilihan. Waktu kerja dan ketersediaan lebih penting dari sebelumnya, visibilitas tidak pernah lebih penting, dan latensi, terutama jika aplikasi seperti bedah robotik diperhatikan, tidak dapat ditoleransi.

Demi kepentingan terbaik dalam memberikan pengalaman pasien sebaik mungkin, sistem TI bergantung pada seolah-olah waktu henti bahkan tidak memungkinkan. Secara kolektif, tantangan ini menciptakan rintangan besar bagi staf TI yang bekerja di belakang layar – baik itu di bangsal rumah sakit, panti jompo, atau operasi dokter umum.

Memastikan kontinuitas di seluruh jaringan terdistribusi
Dengan pemahaman yang lebih baik dan kebutuhan akan peningkatan digitalisasi, sektor perawatan kesehatan, selanjutnya harus mengatasi tantangan konsumsi data yang signifikan. Sejak penerapan peraturan GDPR pada tahun 2018, penyimpanan, keamanan, dan lokasi data orang menjadi diskusi yang semakin penting. 80 persen publik Inggris, misalnya, menyatakan mereka menginginkan “regulasi yang lebih ketat” tentang bagaimana organisasi seperti Amazon dan Google mengakses atau menggunakan data publik.

Untuk memastikan bahwa semua organisasi perawatan kesehatan, terlepas dari skala atau jenisnya, didukung melalui waktu yang selalu berubah dan menuntut ini, ada beberapa cara di mana tim TI dapat memastikan keamanan di tempat mereka yang lebih baik.

Yang pertama adalah berinvestasi (atau meningkatkan) sistem infrastruktur fisik yang ada untuk memastikan mereka memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan daya. Langkah selanjutnya adalah menjamin daya yang tahan, yang sering kali berarti bahwa peralatan perawatan kesehatan dan TI pendukung misi kritis memiliki tingkat kesinambungan yang tepat jika terjadi pemadaman listrik. Uninterruptible Power Supplies (UPS), misalnya, memastikan daya cadangan berbasis baterai jika terjadi pemadaman atau kegagalan – akibatnya memungkinkan kontinuitas dalam infrastruktur jaringan dan perawatan pasien yang berkelanjutan.

Untuk melindungi data pasien, solusi komputasi edge yang aman dan pusat data mikro menawarkan sistem TI standar, berulang, dan terintegrasi yang mendukung permintaan digital yang meningkat. Untuk profesional TI dengan banyak situs, mengetahui bahwa infrastruktur mereka akan bekerja seperti yang diharapkan sejak beroperasi memberikan ketenangan pikiran dan kemampuan untuk mendukung aplikasi lokal dan berbasis cloud dalam satu sistem. Sistem komputasi tepi seperti itu tangguh, cepat diterapkan, dan menawarkan manfaat kinerja yang luar biasa, memastikan ketersediaan aplikasi, sekaligus membantu memodernisasi jaringan yang sebelumnya sudah usang.

Leave a Reply